Friday, October 23, 2009

I (DON'T) LIKE MONDAY!!



(Dengan tampang orang santai padahal panik) 
"Waw jurnal belum selesai!!"
(ini kondisi yang sudah biasa saya hadapi di setiap hari senin, pembuka dari hari - hari yang lain, yang akan saya hadapi selama satu minggu ke depan ~_~
cerita matakuliahnya dulu deh, Farmasetika itu namanya! mata kuliah teori yang sebelumnya udah masuk di sks semester 2 dan sekarang giliran praktiknya..
Pada saat praktikum, ada sesuatu yang harus sudah dikerjakan dirumah dan diikumpulkan bersama sediaanya ketika praktikum kepada dosen pembimbing kita. Namanya jurnal! jurnalnya tuh bikinnya ribet, mesti cari kelengkapan resep, tabel monografi obat, perhitungan dosis, usul dosis kalo ternyata dosis di resep melebihi DL/DM, penimbangan bahan obat, prosedur pengerjaan resep, etiket..dll tapi ASIK! Asiknya karena saya ngerasa ini farmasi banget, saya berasa kaya lagi ada di sebuah apotek, dan saya sedang membuat resep yang diajukan oleh pasien dari seorang dokter.


Awal - awal praktikum pasti tremor karena banyak hal - hal yang saya belum ngerti tentang bahan obat dan cara penimbangan baha n obat. Yah itukan wajar, karena saya bukan dari sekolah kejuruan farmasi, saya cuma dari sma negeri biasa yang cuma belajar IPA. And you know what?! Timbangan yang dipake untuk nimbang bahan obat adalah timbangan manual yang make anak timbangan dan diha ruskan penyetaraan secara manual sebelum digunakan.. IT'S A W-O-W, guys! Tak terpikir sebelumnya sama saya, saya bakal make timbangan kaya gitu, dahsy at. Cape banget deh kalibrasinya, rasanya kurang akurat b anget make timbangan kaya gitu. Alasannya karena apotek-apotek di Indonesia itu masih banyak yang make timbangan kaya gitu..wah wah hebat banged kan orang Indonesia! sabar dan sangat tekun menggunakan timbangan se-MODERN itu! hahaha kaya gini nih timbangannya: 






nah kalo ini yang lebih bagusan tapi tetep manual..



Tapi mungkin disitulah seninya! kalo cuma pake timbangan digital sih ga ada seninya, karena cukup pencet tombol on/offnya , taro bahan obat diatasnya, pencet2, selese....tapi kalo timbangan yang eksotis kaya gini, kita dilatih untuk sabar (walopun tetep aja ga sabaran) haha.


Di praktikum pertama, saya ditugasin untuk bikin puyer! Ada 2 resep puyer yang harus saya bikin, tapi yang saya foto ini, cuma 1 resep, resep yang satunya lagi sediannya entah kemana..

Resep:

R/ Codein 20 mg
Vitamin C 100 mg
Vitamin B kompleks tabs 15
m.f pulv d.t.d no. XV
s.3.d.d 1 pulv

Pro : Santi (4 tahun)

Voilaaa....

(depan) - (belakang)






nah, praktikum berikutnya gilirannya bikin obat luar, bedak tabur, alias serbuk tak terbagi.

Resep:

R/ Acid Salicyl 2
MgO 10
ZnO 10
Adeps lanae 4
Talcum ad 100
S Bedak purol
s.u.e

Pro: Tn. Andi


Voilaaa..












Sayang sekali sediaan kapsul yang saya bikin ilang (juga) jadi ga bisa didokumentasikan disini :(



What are you looking for? Just type the keyword in search box below. Hope you enjoy it!